Kamis, 05 Februari 2009


AA dan Perkembangan Otak Si Kecil

Kita semua ingin buah hati kita tumbuh dengan cerdas. Apa saja nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otaknya? Tentunya kita sudah menyadari bahwa DHA sangat dibutuhkan oleh otak balita untuk membantu kecerdasannya. Sekarang mari kita lebih dalami lagi fungsi AA atau Arachidonic Acid untuk perkembangan otak.

Arachidonic Acid atau AA adalah asam lemak Omega-6 yang berada di phospholipid dari membran sel tubuh, dan paling banyak terdapat di otak. 2 asam lemak rantai panjang utama adalah AA dan DHA, yang keduanya adalah komponen penting dari otak. AA dan DHA adalah asam lemak yang penting dalam perkembangan penglihatan normal dan fungsi otak. Keduanya terdapat di dalam semua membran sel, terutama di otak dan retina.

Penelitian telah membuktikan bahwa AA dan DHA dapat meningkatkan perkembangan saraf dan juga kemampuan belajar pada balita. Juga telah terbukti bahwa dengan menambahkan AA dan DHA ke dalam makanan balita, memberikan efek yang menguntungkan secara jangka panjang dalam hal perkembangan penglihatan. Kesimpulannya, tidak bisa disangkali lagi bahwa AA dan DHA memegang peranan penting dalam meningkatkan perkembangan visual dan intelektual balita.

Fakta mengenai masa emas perkembangan otak (brain growth spurt) dan nutrisi:

  • Masa emas perkembangan otak adalah periode dimana otak berkembang dengan pesat. Ini dimulai selama trimester ketiga masa kehamilan dan berlangsung sampai usia 30 bulan.
  • Tahun pertama dalam kehidupan adalah tahun dengan perkembangan otak yang terpesat.
  • Masa emas perkembangan otak berhubungan dengan perkembangan pesat dari struktur dan fungsi otak yang baru.
  • Sekitar 25% dari otak dibentuk selama periode ini.
  • Selama masa yg kritis ini, otak banyak membutuhkan AA dan DHA.

Fakta-fakta ini memberikan kesimpulan bahwa nutrisi selama masa emas perkembangan otak tidak boleh dikompromi lagi.

Karena itu, jadilah orang tua cerdas ............

0 komentar: